Rab. Apr 1st, 2020

Liputan6sport

PORTAL OLAHRAGA TERAKTUAL & TERPERCAYA

Kian Bertambah, Total 649 Orang Diamankan Polisi Usai Demo DPR

1 min read
brigjendediprasetyo

Jakarta – Polri menyatakan saat ini total orang yang diamankan terkait demo DPR kemarin (30/9) berjumlah 649 orang. Mereka diamankan di Polda Metro Jaya dan di sejumlah Polres Metro Jakarta.

“Untuk update data sementara perusuh yang diamankan oleh Polda Metro Jaya, dan Polres Metro jajaran dari tanggal 30 (September) sampai 1 Oktober, jumlah 258 orang untuk Krimum, kemudian Krimsus ada 40 orang, dan Rektorat Narkoba 82, jadi jumlah di Polda ada 380 orang,” ujar Karo Penmas Humas Polri, Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (1/10/2019).

“Polres Jakut ada 36 orang, Jakpus 63 orang, Jakbar 170 (orang). Jadi, untuk sementara total perusuh yang diamankan 649 orang,” imbuhnya.

Dedi menjelaskan saat ini 649 orang itu masih dalam proses penyelidikan, jika sudah selesai proses penyelidikan, kata Dedi, polisi baru bisa meningkatkan status hukum mereka. Dedi mengatakan polisi akan mempertimbangkan kecukupan alat bukti dalam meningkatkan status seseorang.

Meski begitu, Dedi mengaku polisi belum bisa memastikan status 649 orang yang diamankan ini, apakah mereka berstatus mahasiswa atau pelajar. Menurutnya, seorang pendemo yang belum membubarkan diri pukul 18.00 WIB berpotensi menjadi perusuh.

“Ini belum (pastikan mahasiswa atau pelajar), karena ini… Jadi perlu saya sampaikan juga, kalau mahasiswa dan pelajar insya Allah demonya pasti akan damai. Kan ini ketika kita bicara oknum, dan kita sudah menyampaikan berulang kali, kalau demo lebih dari jam 18.00 ke atas, sudah dapat dipastikan sudah menjelma menjadi perusuh,” ucapnya.


error

Suka dengan berita ini? Beritahu teman-temanmu ya?

  • RSS
  • Follow by Email
  • Facebook
    Facebook
  • YouTube
  • Instagram